Tuesday, January 12, 2010

How To Be An Active Blogger

*Nyolong siasat bikin judul menarik dari Mel biar muncul di search-nya Google*

Apakah Anda sudah menelantarkan blog Anda selama berbulan-bulan? Apakah dulu Anda seorang blogger yang rajin, tapi sekarang tiba-tiba melihat blog Anda membuat Anda ingin cepat-cepat kabur ke website lain? Apakah pemandangan blog yang sunyi senyap tidak dikunjungi orang cuma membuat Anda makin depresi? Lalu Anda berpikir... bagaimana caranya menjadi blogger yang aktif dan punya banyak pembaca lagi?? Padahal Anda tidak punya bahan menarik untuk ditulis!

Cara nomor satu paling ampuh untuk mengembalikan mood untuk update (saking mood-nya sampe yang nggak penting macemnya "tadi pagi gue bangun dan ngeliat ada tukang sayur di depan rumah" juga dijadiin bahan) adalah: GANTI LAYOUT ANDA!

Seperti yang bisa Anda sekalian lihat, saya sedang menerapkan nasehat saya sendiri! Untuk meningkatkan mood untuk update, saya telah mencari premade layout (karena males ngutak-ngatik HTML dan CSS satu-satu -> alasan seorang blogger pemalas) untuk blogger dan akhirnya menemukan layout yang imut-imut dan girly ini. Namanya "She's A Lady", dan sekarang tiba-tiba itu pun sudah menjadi nama baru blog ini, dari yang tadinya Double Sided Mirror jadi She's A Lady In Disguise. Bukannya berarti aku menyamar jadi cewek loh, tapi artinya aku ini menyamar menjadi berbagai hal (contoh: menyamar menjadi mahasiswa pintar dan rajin di kampus) setiap hari.

Cuma karena blogger ternyata udah lama meng-update format template-nya, dan aku baru sadar hari ini padahal kayanya itu update udah bertahun-tahun (ini format untuk posting-nya juga ternyata baru dan baru ku-update jadi ga usah capek-capek ngetik HTML untuk miringin kata atau bold lagi karena udah Rich Text), alhasil aku bingung sesaat oleh semua kecanggihan baru ini. Sampe-sampe di mana biasanya aku bisa ngedit sendiri CSS dari premade layout sesuai preferensiku, sekarang aku nggak berhasil memunculkan tanggal entry tanpa membuatnya keluar dengan font gede-gede mengganggu yang bikin layout-nya nggak imut lagi (default setting-nya emang hidden). Ugh, yang mengganggu sekali, karena dalam blog tanggal entry itu penting. Moga-moga ntar aku bisa utak-utik lagi deh. Nah, munculin tanggal aja nggak bisa, boro-boro ngembaliin shoutbox. Udah nggak berani nyentuh CSS versi barunya sama sekali deh. Ada yang mau bantuin? Sebenernya upgrade ini dalam beberapa hal mempermudah juga sih, hampir sama kaya Google Sites, tinggal geser sana geser sini sama input teks tanpa harus masukin kode-kode dari scratch lagi. Tapi kadang-kadang terlalu canggih bikin pusing juga.

Yah, mari berharap paling nggak ini bisa mengembalikan mood untuk update! Sejauh ini aku sudah berhasil menulis tiga entry berturut-turut sejak episode kembalinya sang blogger yang sangat dramatis!

P.S. Kalo mau comment klik gambar balon pink di kanan atas masing-masing entry. Maaf untuk ketiadaan shoutbox sementara yang mengganggu kenyamanan Anda.

3 comments:

Unknown on January 14, 2010 2:37 AM said...

mau masukin shoutbox? skarang pake yang model layout berwidget yah? hahahaha... pilih widget yang buat masukin kotak HTML aja...

bagus deh kalo kamu skarang menjadi rajin... BTW, kok update kamu nggak kebaca di blogroll ku?

Cornelia on January 14, 2010 3:24 PM said...

*ga tau apa itu blogroll*

Unknown on January 14, 2010 6:12 PM said...

tapi at least dah bisa masukin shoutbox kan? hahaha...
dan btw udah masuk kok ke blogroll :p ternyata hanya masalah waktu