Sunday, January 13, 2008

The Interesting Animal Conversation

Hari ini aku iseng-iseng membawa anjing peliharaanku turun dan jalan-jalan di taman. Oh ya, belom pada kenalan ya sama anjing peliharaanku? Namanya Mocha, karena dia berbulu coklat kayak mochaccino. Beginilah jadinya kalo pecinta kopi disuruh ngasih nama anjing. Jenisnya Peking, dan sekarang umurnya belom nyampe 1 tahun. Berapa ya tepatnya? Enam atau tujuh bulan deh.


Mocha imut

Yah, jadi setelah berjalan-jalan di taman, Mocha bertemu hewan peliharaan lain; si ayam yang tak bernama. Si ayam duduk tenang-tenang di dalam kandang burung (Jangan tanya kenapa ditaronya di kandang burung. Itu bukan ayam saya, jadi saya tidak tahu-menahu. Lagipula kandang burungnya tinggi dan besar, jadi malah lebih lega daripada kandang ayam). Awalnya si Mocha nggak ngeliat kalo di situ ada ayam.

Untuk mengetes reaksinya, aku mengangkat si Mocha supaya dia melihat si ayam. Berikut interaksi yang terjadi di antara keduanya:

Mocha: *memandang si ayam*
Aku: *mendekatkan Mocha ke ayam. Lalu karena nggak terjadi apa-apa, menurunkan Mocha*
Mocha: *mengendap-endap mendekati ayam sampe tepat berada di bawah jeruji kandang ayam/burung*
Ayam: *melompat sambil mengepakkan sayap*
Mocha: *melompat mundur dengan panik*
Mocha: *mulai menggonggongi si ayam dengan bersemangat*
Ayam: *duduk tenang, cuek abis*

Lalu si Mocha dikasi kerupuk. Dia langsung menggondol kerupuk ke depan ayam, mungkin mau pamer kalo dia dapet makanan.

Mocha: *meletakkan kerupuk di depan kakinya, persis di hadapan si ayam*
Mocha: *memandang ayam, lalu duduk ngegelosor di tanah sambil memamerkan kerupuk, mengamati ayam*
Ayam: *masih cuek abis, duduk diem-diem*

Kesimpulan penelitian: Ayam adalah hewan yang sangat tenang. Gak peduli digonggongin anjing sekeras apa pun, dia bener-bener gak peduli. Jadi apakah mungkin orang yang bershio ayam punya naluri untuk selalu tenang dalam keadaan apa pun? Dan apakah ini berarti orang yang bershio anjing cenderung sombong dan suka memamerkan kemampuan dan/atau benda-benda yang dimilikinya?

Mungkin saja. Mungkin juga tidak. Toh sang peneliti bukan ilmuwan sungguhan, jadi risiko ditanggung sendiri kalo Anda memutuskan untuk mempercayai hasil penelitian kecil ini. Itulah sedikit kegiatan berguna saya di hari Minggu yang cerah ini.

Disclaimer: No dog or chicken was harmed during the process of this research.

0 comments: